March 24, 2017 Administrator Ayam Bakar Wong Solo 1Comment

Menjadi penguasa pasar di negeri sendiri bukan hal yang membanggakan bagi Ayam Bakar Wong Solo. Setelah menaklukan negeri Jiran, franchise ayam bakar yang berdiri sejak 1991 ini pun berencana membuka gerai franchisenya di Arab Saudi. Seperti apa?

Sukses menjadi penguasa pasar kuliner ayam di negeri sendiri, Ayam Bakar Wong Solo (ABWS) terus mengepakan sayap bisnisnya ke manca negara. Setelah berhasil menaklukan negeri Jiran dengan membuka 6 gerai franchise sejak 2005, ABWS berencana akan membuka gerai franchisenya di Arab Saudi. Jika tidak ada aral melintang, ABWS akan membuka gerainya di Jeddah pada tahun ini. Hadirnya ABWS di kota tersebut diharapkan menjadi kuliner alternatif dari Indonesia yang bisa menarik pasar Arab.

Investor dari Arab Saudi, yakni Binmahfooz Aied Salmeen bulan lalu melakukan kunjungannya ke beberapa gerai ABWS di Indonesia. Kunjungan tersebut dalam rangka investigasi dan melihat kinerja gerai ABWS di Indonesia. Kunjungan pertamanya adalah Kuala Lumpur, Medan, Jakarta, Surabaya, Solo,Yogyakarta dan Kalimantan Selatan di daerah Banjarmasin. Di daerah tersebut (Kalimantan Selatan) ABWS udah memiliki sekitar 13 gerai.

Di daerah tersebut rata-rata gerai ABWS mampu menyedot pengunjung sekitar 1000-2000 dan nasi kotak sekitar 200-500 perharinya. Kebetulan ABWS juga baru membuka gerai ke-13 di Banjarmasin, di daerah Sabilal, Jl. Sudirman. Meski baru dua bulan berdiri ABWS di daerah tersebut mampu menyedot hingga 2000 pengunjung perharinya. Animo masyarakat Banjarmasin memang luar biasa tinggi dengan hadirnya ABWS. Karena sesuai dengan motto-nya Kota Banjarmasin (1) Kurang Ajar, (2) Belajar, (3) Di Kejar, (4) Itu baru orang banjar.

ABWS sendiri sudah berdiri di Banjarmasin sejak 2005, di Jl Ahmad Yani. Gerai pertama ABWS itu masih bercokol di jalan Ahmad Yani dan terus ramai dikunjungi customer. “Dari berdiri sekitar 9 tahun lalu sampai sekarang gerai Wong Solo ini tetap ramai. Rencananya kita akan renovasi gerai ini biar lebih modern dan luas lagi,” ujar Zulkifi Rabban, franchisee Ayam Bakar Wong Solo untuk daerah Banjarmasin.

Tidak heran jika investor Arab yang akrab disapa Syaikh Aied ini begitu antusias melihat banyaknya pengunjung yang datang ke gerai AWBS Banjarmasin. Pasalnya, oleh Puspo Wardoyo, selaku pemilik Ayam Bakar Wong Solo, Syaikh Aied diajak berkeliling untuk melihat secara langsung beberapa gerai di Banjaramasin. “Sangat ramai ya pengunjung disini, apalagi pada saat jam makan siang dan makan malam semua tempat duduknya terisi penuh,” ujar Syaikh Aied.

Syaikh Aied yakin jika ABWS membuka gerai di Suadi Arab akan mendapat sambutan yang bagus dari pasar sana. Sebab, meski daging masih banyak dimakan di Arab Saudi, tapi mayoritas penduduk sana sangat suka dengan ayam. Belum lagi banyak orang haji dari Indonesia. Restoran ini bisa menjadi kuliner favorit pada musim haji dan umroh. Karena memang belum ada restoran khas Indonesia disana yang ber-branded, apalagi restoran franchise. Kebanyakan disana rumah makan Indonesia yang dikelola bukan brand populer Indonesia.

Rencananya, Syaikh Aied akan membuka gerai franchise ABWS di Jeddah. Setelah itu akan membuka gerai ABWS di bebrapa daerah Arab yang memiliki lokasi strategis. “Insyallah Wong Solo akan diterima di Arab,” tandasnya sekali lagi.

Senada dengan Syaikh Aied, Puspo Wardoyo pun berharap ekspansi bisnis ABWS ke Arab Saudi bisa menjadi cikal bakal merek anak negeri ini berjaya di tanah Timur Tengah. Ia selaku franchisor akan berusaha keras untuk mengibarkan merek franchise yang sudah ia dirikan sejak 1991 ini di sana. “Saya ingin menjadi pelopor franchise ayam bakar yang sukses di Arab. Karena itu saya akan berjihad untuk ekspansi ke sana,” tandasnya.

Karena bagaimanapun,  lanjuta dia, mengenalkan produk asli Indonesia yang Halalan Thayiban ke negara luar adalah sebagai bentuk jihad di jalan Allah juga. ABWS ingin menjadi franchise global yang bisa bersaing dengan brand asing dengan produk yang Halalan Thayiban.

“Kita yakin dengan pengalaman sukses kita negara Jiran juga akan sukses di Arab. Di negeri Jiran Wong Solo begitu dinikmati, maka saya berharap Wong Solo di Arab juga bisa diterima pasar sana. Sebab Indonesia sebagai salah satu negara yang paling banyak memberangkatkan Jemaah haji ke Mekah adalah pasar yang sangat potensial,” ujar Puspo Wardoyo dengan mantap.

One thought on “SUKSES DI NEGERI JIRAN WONG SOLO BERSIAP KE ARAB SAUDI

  1. Admin Wongsolo yg terhormat, jika tidak salah investor Wongsolo Jeddah Arab Saudi bukan bin mahfoudz tapi SBTC atau said bawazir trading corp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *